Friday, February 12, 2016

[Resep] Ayam Goreng Bumbu





Resep ini saya pelajari sekitar 15 tahun yang lalu. Waktu itu mama ada acara (nggak ingat apa) dan ada tetangga-tetangga yang bantuin masak. Salah satu menu yang dibuat adalah ayam bumbu ini.

Waktu itu saya nggak nyatet resepnya. Untungnya karena suka masakan ini dan memperhatikan cara pembuatannya, saya masih ingat prosesnya. Untuk bahan-bahannya mungkin ada beberapa yang saya lupa atau saya tambahkan dari resep asli. 

Maklum saja, dari pertama kali belajar sampai kemudian membuat sendiri ada jeda waktu yang cukup lama. Beberapa tahun tepatnya :)

Nah, setelah beberapa kali membuat saya akhirnya menemukan resep yang cocok dengan selera saya :)

Berikut bahan-bahan dan cara pembuatannya.



Bahan :

1 ekor ayam, potong 14-16 bagian bagian
1 butir telur
1,5 sdt ketumbar bubuk
1/4 sdt merica bubuk
250 gr lengkuas parut (Bagusnya parutannya agak kasar)
Garam secukupnya
Minyak untuk menggoreng secukupnya.
Boleh ditambahkan penyedap sesuai selera.

Haluskan :
6 siung bawang merah
4 siung bawang putih
1 ruas jari kunyit
1 ruas jari jahe
1 cm serai bagian putihnya


Cara membuat :

1. Bersihkan ayam, kocok lepas telur.

2. Siapkan panci dan masukkan bumbu halus, ketumbar, merica, lengkuas dan garam. Cicipi garamnya dibagian ini hingga terasa pas.

3. Masukkan telur kocok dan potongan ayam. Aduk rata sampai bumbu melapisi setiap potongan daging ayam.

4. Masukkan ke kulkas dan biarkan ayam terendam bumbu selama kurang lebih satu jam.

5. Rebus ayam hingga setengah matang, angkat (biasanya dibagian ini saya tambahkan air sedikit agar bumbu tidak hangus). Usap/bersihkan bumbu yang melekat pada daging ayam.

6. Panaskan minyak, goreng ayam hingga matang dan berwarna coklat keemasan. Angkat.

7. Saring sisa bumbu hingga terpisah bumbu kasar dengan airnya. Goreng bumbu kasar tersebut hingga berwarna coklat keemasan. Taburi diatas ayam dan siap dihidangkan.


Pada resep aslinya sebenarnya ayam tidak perlu direbus dulu. Setelah direndam bumbu dan didiamkan, ayam bisa langsung digoreng. Tapi dari beberapa kali pengalaman membuat ayam bumbu ini saya dapatkan kalau ayam yang langsung digoreng membuat dasar kuali menjadi lengket dan minyak lebih cepat menghitam dibandingkan bila direbus terlebih dahulu. Belum lagi waktu menggoreng menjadi jauh lebih lama dan ayam yang dihasilkan menjadi keras.

Karena menggunakan telur, setelah beberapa kali menggoreng minyak biasanya menjadi lebih berbusa.


Note : sisa air rebusan bumbu bisa ditambahkan tepung dan gunakan sebagai pelapis tahu/tempe goreng. Tidak ada bagian yang terbuang kan :)

Resep bisa download di sini : Resep Ayam Goreng Bumbu

No comments:

Post a Comment