Wednesday, February 10, 2016

[Resep] Acar Timun




Acar timun ini favorit saya. Duluuu, tiap kali mama bikin rasanya itu hari paling spesial sedunia. Apalagi mama jarang bikinnya, dan mesti di request dulu :)

Waktu SD dulu, pas pelajaran PKK ada kegiatan masak memasaknya. Nggak ingat saya apa kelas lima atau enam SD. Tiap murid dibagi per kelompok dan mesti menyiapkan hidangan masing-masing. Selesai masak para guru diundang untuk makan bersama.

Saya nggak ingat menu lain apa yang disajikan kelompok saya. Yang saya ingat saya bikin acar timun ini sebagai sayuran. Yah, secara waktu itu acar timun ini masakan paling enak semuka bumi bagi saya. Hahahaha...

Waktu itu telur rebus diganti dengan telur mata sapi (biar praktis dan cepat), tapi hasilnya nggak sebagus telur rebus. 

Sekarang saya juga memvariasikannya dengan menambahkan bahan-bahan lain seperti selada, tomat iris, atau kentang rebus.

Biasanya mama menambahkan remasan keripik kentang saat disajikan, tapi saya jarang pake karena jarang ada keripik kentangdi rumah. Mau bikin ribet, padahal acar ini masakan yang praktis. Pernah juga iseng pake Chitato. Hahahaha..

Okelah, berikut bahan dan cara membuatnya :)


Bahan :

10 buah timun ukuran sedang
1-2 butir telur, rebus
7 siung bawang merah, iris
1 sdm cuka
Seujung sdt merica bubuk
Garam secukupnya


Cara membuat :

1. Kupas kulit timun, iris-iris. Jangan terlalu tipis atau tebal.
2. Masukkan cuka dan garam. Aduk rata. Biarkan selama minimal setengah jam hingga berair dan timun agak lemas/layu.
3. Sementara itu goreng bawang hingga keemasan, kupas kulit telur dan potong kotak-kotak.
4. Tiriskan timun, masukkan merica. Aduk rata. Cicipi rasanya apa sudah pas atau belum bumbu dan keasamannya.
5. Masukkan bawang goreng dan telur. Aduk rata.
6. Sajikan di piring dan taburi remasan kerupuk kentang (bila ada)
7. Siap dihidangkan.

Tips.

1. Bila ingin acar sedikit basah/berair, tiriskan sebentar saja. Bila ingin lebih kering tiriskan selama 10-15 menit.
2. Bisa ditambahkan selada, kentang rebus/goreng, tomat, dll untuk memvariasikan rasa. Pernah saya tambahkan mayonaise, tapi saya kurang suka rasa yang dihasilkan.



Silakan download resep di sini : [Resep] Acar Timun

No comments:

Post a Comment