Thursday, November 26, 2015

[Resep] Kalio Daging



Kalio merupakan salah satu tahap pembuatan rendang (resep bisa dilihat disini) dimana santan sudah menyusut setengahnya dan mengeluarkan minyak yang banyak. Tetapi tahap kalio ini baru separuh jalan menuju  rendang. Masih butuh beberapa jam lagi agar bisa menjadi rendang berwarna kehitaman yang umum ditemukan di sini.


Kita tetap bisa membuat gulai kalio ini tanpa harus menjadikannya rendang. Untuk itu dibutuhkan jumlah bumbu dan santan yang lebih sedikit daripada pembuatan rendang. Bila rendang membutuhkan minimal santan dari 4 kelapa untuk sekilo rendang, untuk kalio cukup menggunakan santan dari 2 kelapa saja.

Bisa dilihat santan  pada kalio (kiri) lebih encer daripada untuk rendang (kanan)

Tujuan dari penggunaan santan yang banyak pada rendang adalah agar santan menghasilkan minyak yang cukup untuk 'menggoreng' rendang secara perlahan hingga mengering. Sedangkan pada Kalio tahapannya cukup sampai santan mengeluarkan minyak dan berkurang hingga setengahnya.

Oh ya, pada resep ini saya menggunakan santan yang diperas mesin yang sekarang sering ditemukan di pasar. Tetapi kalau masih menggunakan kelapa parut ambil dari minimal 2 kelapa yang sudah tua. Dulu saya memeras dengan menggunakan campuran air hangat agar santannya semakin keluar. Dan biasanya butuh tiga kali peras untuk mendapatkan jumlah santan yang diinginkan.


Bahan :

1 kg daging, potong-potong ukuran sedang
 750 ml santan pekat/kental (dari perasan pertama)
1000 ml santan encer
100 gr cabe giling
1/2 sdt ketumbar bubuk
1/4 sdt merica bubuk
1 helai daun kunyit
1 helai daun salam
2 helai daun jeruk
1 batang serai ukuran sedang, memarkan
Garam secukupnya
100 gr Kacang  putih (kacang rendang) kalau suka, rendam dulu minimal 1 jam sebelum mulai memasak

Haluskan :
50 gr jahe
50 gr lengkuas
8 siung bawang merah
5 siung bawang putih 


Cara Membuat :

1. Siapkan kuali (ukuran menengah saja sudah cukup), masukkan santan, bumbu halus, cabe giling, ketumbar, merica, daun-daun dan serai. Didihkan santan menggunakan api sedang. Jangan sampai pecah santan. Cicipi garamnya,bila kurang tambahkan sedikit saja dulu.

2. Biarkan mendidih selama kurang lebih 5 menit, kemudian masukkan daging. Didihkan kembali dengan api sedang selama 10 menit. Setelah itu masak menggunakan api kecil saja. 

3. Setelah santan mulai berkurang masukkan kacang putih dan cicipi lagi rasanya, bila masih kurang garam bisa di paskan lagi. Tetapi jangan sampai berlebihan menambahkan garam karena hasil akhirnya nanti adalah kuah gulai yang hanya tersisa setengah dari awalnya. Kalau diawal terlalu banyak menambahkan garam hasil akhir masakan bisa menjadi asin.

3. Masak sampai daging empuk dan santan sudah berkurang setengahnya serta sudah mengeluarkan minyak. Kira-kira 2-3 jam.

4. Siap disajikan.

No comments:

Post a Comment