Friday, February 7, 2014

[Resep] Ayam Goreng KFC ala rumahan

Halooooo... pada suka ayam goreng KFC ga??

Kalau saya sih sukaaaa banget. Tapi ga mungkin juga tiap hari makan hasil karya Kolonel Sanders ini, bisa-bisa semua isi dompet saya ngalir ke mesin kas restorannya saja. Hahahaha...

Jadi, saat lagi pengen banget makan ayam gorengnya KFC tapi dompet lagi melarat dan kebetulan di rumah masih ada cadangan ayam yang mau dibikin lauk makan, yah saya jadi bikin sendiri ayam gorengnya. Ga susah kok bikinnya, dan cukup bisa menahan hasrat untuk mendatangi gerai KFC sampai isi dompet penuh lagi, apalagi sekarang KFC #rabuspecial udah ga ada lagi. Hihihihi...

Nah, berikut bahan-bahan yang saya gunakan

1. 3-4 potong ayam (terserah pilih mau bagian yang mana)
2. 40 gr tepung bumbu (saya biasa make yang merk Mamasuka)
3. 3 sdm tepung terigu
4. 1 sdm tepung maizena
5. 1 butir telur, kocok
6. ½ lt minyak
7. garam
8. merica
9. 2 siung bawang putih dihaluskan
10. 5 sdm air

Cara membuat :

klik untuk memperbesar
1. Lumuri ayam dengan bawang putih, garam dan merica. Biarkan selama kurang lebih 1 jam.

2. Campur tepung bumbu dengan tepung terigu, tepung maizena dan garam secukupnya. Aduk rata. Kalau ingin rasa lebih pedas bisa tambahkan paprika bubuk atau juga merica.

3.Ttambahkan air di telur yang telah dikocok tadi, kemudian tambahkan 2 sdm campuran tepung di no 2. tadi. Aduk rata.

4. Gulingkan ayam kedalam campuran tepung no. 2 sampai rata, angkat dan tepuk-tepuk sedikit untuk menghilangkan kelebihan tepung.

5. Masukkan ke adonan telur sampai merata, angkat dan tiriskan sedikit.

6. Masukkan kembali ke campuran tepung, gulingkan hingga ayam tertutup rata, angkat dan tepuk sedikit untuk menghilangkan kelebihan tepung.

7. Masukkan ke minyak yang sudah dipanaskan, goreng selama lebih kurang 20 menit hingga ayam masak dan kulitnya renyah sampai ke lapisan terdalam. Minyak jangan terlalu panas karena akan menyebabkan kulit luar cepat kecoklatan sedangkan ayamnya sendiri masih mentah didalam.



Nah, itulah resep ayam KFC rumahan saya, enak juga lho untuk dicoba. Semakin sering dicoba bikin semakin tahu deh trik-trik membuat ayam goreng ini.

Silakan dicoba :)

No comments:

Post a Comment